Apa beda reguler, limited, customize dan desain khusus suatu produk? dan apa pengaruhnya ke harga produk?

Teman-teman kali ini saya sharing tentang penentuan harga produk craft berdasarkan jumlah produksi atau kekhususan yang dimiliki produk craft itu. Tentu ini menurut versi saya teman-teman dan berdasarkan pengalaman saya selama 10 tahun membuat boneka, saya memutuskan membagi 4 kelas dari produk craft buatan saya, mungkin beda produk craft beda juga cara penentuan harganya. Dan setiap crafter bebas menentukan di kelas mana produk craftnya dan harganya sesuai dengan tingkat kesulitan yg dikuasainya :)

Dalam membuat boneka ada tiga cara mendasar  yang saya pakai dalam membedakan harga -harga boneka kami. Ini saya tulis disini karena ada beberapa customer yang menanyakan kenapa harga bisa berbeda-beda untuk boneka yang kelihatannya sama bagi customer itu, tapi sebenarnya beda proses pembuatannya.

1. Produk reguler. 
Boneka-boneka buatan kami yang reguler disini adalah boneka (design by TsabitaBoneka)  yang kami buat banyak sekaligus setiap modelnya dan biasanya modelnya/polanya sederhana atau tidak terlalu rumit .hal ini kami lakukan untuk menekan ongkos produksi, biasanya pembuatan boneka ini sudah bisa ditangani oleh beberapa pegawai kepercayaan kami yang sudah cukup berpengalaman membuat boneka denga model berulang. Sehingga boneka/boneka tangan yang dihasilkan harganya cukup bersahabat dan terjangkau. Tentu sebagai produk reguler customer tidak bisa meminta misalnya warna yang berbeda atau bentuk yang berbeda dari stock yang sudah diproduksi :)
Tetapi boneka reguler ini hanya bisa dibeli kalau ada stocknya, kami tidak melayani pembelian jika stock sedang kosong karena setiap pembuatnnya harus sekaligus banyak maka memakan waktu cukup lama tergantung jadwal produksi kami.

Ini contoh produk reguler kami :
Boneka tangan profesi fullbody dan boneka jari  profesi

 Boneka tangan keluarga halfbody
Boneka muslim dan boneka jari hewan

Boneka tangan hewan halfbody


2. Produk limited
Untuk boneka buatan kami yang limited atau terbatas, kami buat atas desain kami sendiri dan kami buat terbatas karena masih melibatkan kami pemilik Tsabita Boneka (saya atau suami) untuk membuatnya. Biasanya boneka-boneka limited pengerjaannya sebagian masih manual atau dengan jahitan tangan. Atau bisa juga karena proses pembuatannya agak rumit sehingga pegawai kami belum bisa dilepas untuk membuatnya secara keseluruhan. Karena keterbatasan waktu kami berdua tentu menyebabkan hasil yang terbatas juga :) dan karena tidak bisa dibuat massal tentu ongkos produksi lebih besar daripada produk reguler yang massal. Tapi produk limited ini bisa dipesan satuan (sistem PO) dengan harga yang tetap/standart dengan catatan tidak minta perubahan pada model standart buatan kami untuk boneka produk limited, dan warna/motif kulit dan baju tergantung stock yang tersedia .

Ini contoh produk limited kami :
Boneka muppet cablak standart ukuran mini (47-50cm) dan ukuran besar (+- 70cm)

handmade softdoll

handmade softdoll dan bunny softies


3. Produk customize
Kadang-kadang customer kami menginginkan beberapa perubahan pada produk standart desain kami inilah yang kami sebut customize. Pola dasar desain boneka tetap desain buatan kami tapi mereka meminta sedikit perubahan seperti  model baju /rambut  tertentu, tambahan asesories pada boneka, warna dan motif ,bentuk hidung/mata bahkan ukuran boneka. 
Perhatian !! Produk Customize ini tidak kami ijinkan untuk dipatenkan customer , karena banyak yang meminta paten produk kami untuk dijadikan produk ciri khas/maskot customer, sebab pola dan desain awal asli buatan kami sendiri ! :)
Contohnya ada customer yang meminta boneka handmade dengan ukuran diperkecil karena anaknya masih batita.  Walaupun desain /pola boneka buatan kami dan sudah pernah kami buat tapi karena permintaan customize tadi membutuhkan perhatian khusus dan tentu waktu yang khusus juga. seperti contoh diatas saya harus membuat ulang dan memperkecil pola boneka dan bajunya secara manual tentu alias pola handmade dan tentu berarti saya harus turun tangan langsung. Hal inilah membuat produk customize mempunyai harga "lebih" dibanding produk standart/limited kami. 

Ini adalah contoh lain boneka/puppet customize:
Handmade softdoll dirubah menjadi handmade puppet

Model rambut,mata dan tangan customize

Muppet dengan kostum khas/khusus



4. Produk Desain Khusus 
Untuk boneka desain khusus adalah boneka yang kami buat dengan desain sesuai permintaan customer dan belum pernah kami buat sebelumnya. Desain bisa kami buatkan dengan permintaan khusus customer, dari internet misalnya tokoh kartun anak-anak, atau desain buatan customer yang sudah dipatenkan olehnya.
Untuk menentukan harga saya harus melihat dulu detil desain, warna/motif, ukuran seperti apa dan apakah punya catatan khusus seperti tidak mau dimassalkan/ditiru desainnya jika desain itu asli buatannya (untuk tokoh kartun tentu tidak bisa dipatenkan customer ya karena sudah pasti desain orang lain hehe), baru setelah itu saya menentukan bisa/tidaknya saya membuatkannya dan baru perhitungan harga.
Konsekwensinya untuk boneka berdesain khusus adalah harganya yang khusus juga. Karena biasanya boneka belum pernah saya buat , jadi proses trial dan error lebih banyak memakan waktu, tenaga, pikiran dan sudah pasti bahan pembuatnya tentu.
Desain khusus customer

Tokoh kartun terkenal



Desain dari customer dan tidak dimassalkan

Demikian teman-teman sharing dari saya , dan untuk sekedar info bagi yang akan memesan boneka buatan Tsabita . Semoga sukses teman-teman :)


Komentar

Unknown mengatakan…
Tulisan yg menarik, menentukan harga memang susah 2 gampang
Unknown mengatakan…
Tulisan yg menarik, menentukan harga memang susah 2 gampang